Cara Menghilangkan Panu – Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang sangat mengganggu dan dapat mempengaruhi penampilan anda, apalagi jika panu tersebut tidak hanya muncul di bagian tubuh yang dapat tertutupi oleh pakaian, apa jadinya bila panu terdapat pada area wajah tentu akan membuat anda merasa malu. Panu sendiri merupakan salah satu penyakit kulit yang dapat disebabkan oleh jamur, yang terdapat pada kulit disertai dengan rasa gatal ketika berkeringat. Pada umumnya panu menyerang bagian tubuh yang menghasilkan banyak keringat, seperti dada, lengan, leher, perut, kaki, ketiak, lipatan paha, kepala hingga wajah.
Panu yang terdapat di bagian wajah tentu akan mempengaruhi rasa percaya diri anda dan terlihat oleh orang lain bahwa anda jarang membersihkan diri atau merawat kulit sehingga terdapat panu di daerah wajah anda. Tanda tubuh anda terkena panu bisa dilihat dari adanya bercak putih, coklat atau merah tergantung dengan warna kulit dan disertai rasa gatal. Tidak hanya karena anda jarang membersihkan tubuh saja, panu juga bisa terjadi karena pakaian yang anda pakai kurang kering atau lembab, sehingga akan dihinggapi oleh jamur dan menempel pada kulit tubuh ketika anda menggunakan pakaian tersebut.

Cara Menghilangkan Panu

Cara Menghilangkan Panu

Untuk menghilangkan panu banyak cara yang dapat dilakukan oleh anda, mulai dari menggunakan salep yang banyak beredar di toko dan apotek hingga menggunakan bahan-bahan alami. Mungkin anda sudah pernah menggunakan salep namun hasilnya tidak seperti yang anda harapkan. Untuk itu anda tidak perlu khawatir, sebab masih banyak Cara Menghilangkan Panu Secara Alami yang dapat dipraktekkan dengan menggunakan bahan alami yang tidak berbahaya dan tidak akan menimbulkan efek samping, seperti berikut:
Bawang Putih
Kandungan antibakteri yang terdapat pada bawang putih berfungsi untuk menghilangkan panu pada tubuh anda. Cara yang perlu anda lakukan sangat mudah, hanya dengan mengiris satu bawang putih lalu mengoleskannya pada daerah tubuh yang terdapat panu. Lakukan cara ini 2-3 kali dalam sehari hingga panu di wajah anda mengering dan mengelupas sendiri.
Belerang
Belerang seringkali digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk mengatasi masalah penyakit kulit, termasuk panu. Kandungan mineral yang terdapat pada belerang berkhasiat untuk menghilangkan panu. Caranya hanya dengan menyiapkan belerang secukupnya lalu tumbuk hingga halus. Campurkan tumbukan belerang dengan minyak kelapa dan perasan air jeruk nipis, lalu balurkan pada daerah tubuh yang terkena panu. Lakukan cara tersebut rutin 2-3 kali dalam sehari dan panu pada wajah anda akan menghilang dan sembuh dengan sendirinya.
Belimbing
Kandungan vitamin C pada buah belimbing memiliki fungsi untuk membunuh bakteri penyebab panu. Caranya hanya dengan mencampurkan belimbing dengan kapur sirih, lalu oleskan pada daerah tubuh yang terdapat panu, diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin 2-3 kali dalam sehari hingga panu di wajah mengering dan mengelupas dengan sendirinya.
Lengkuas
Lengkuas tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, juga dapat bermanfaat untuk menyembuhkan panu di tubuh anda. Cara hanya dengan memilih lengkuas yang memiliki kandungan air masih banyak, lalu oleskan pada daerah wajah dan tubuh yang terdapt panu, diamkan beberapa saat lalu bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin hingga panu anda menghilang dan sembuh.

Selain beberapa Cara Menghilangkan Panu seperti diatas, yang terpenting adalah tetap menjaga kebersihan tubuh dengan mandi secara rutin 2 kali dalam sehari dan menjemur pakaian hingga kering serta menyetrika pakaian agar tidak dihinggapi oleh jamur. Sekian ulasan mengenai Cara Mengobati Panu, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan membantu mengatasi masalah kesehatan anda semua.