Sunday, August 30, 2015

KHASIAT DAUN KEMANGI

Leave a Comment

          Ketika kita mendengar kata Kemangi tentu kita ingat sebagai macam lalapan pendamping pecel lele. Daun kemangi yang mempunyai nama latin Ocimum basilicum , ternyata tidak hanya sebagai penghias makanan atau hanya sekedar untuk lalapan. Ternyata kemangi memiliki banyak manfaatnya. Dan di dalam bunga kemangi  terdapat biji yang juga dimanfaatkan sebagai pengganti bunga selasih.
Kandungan di dalam daun kemangi meliputi provitamin A dan vitamin C. Betakaroten yang terdapat pada kemangi berperan untuk mendukung fungsi penglihatan, meningktkan respon antibodi, sirtesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan dan antioksidan. Fosfor untuk pertumbuhan tulang, membantu penyerapan dan transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan asan dan basa. Magnesium untuk membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah sehinnga memperlancar aliran darah.
Komponen non gizi juga ada dalam kemangi seperti flavonoid dan eugenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Arginin untuk memperkuat daya tahan sperma dan mencegah kemandulan. Anetol dan boron dapat merangsang kerja hormon estrogen dan androgen serta mencegah pengroposan tulang. Minyak atsiri dapat mencegah pertumbuhan mikroba.
Berikut akan saya jelaskan beberapa manfaat daun kemanggi :

  •  Mengatasi Bau Mulut

Banyak ramuan tradisional yang melibatkan daun kemangi dalam pembuatan resepnya untuk mengatasi bau mulut dan bau badan. Karena daun kemangi diyakini paling ampuh untuk mengatasi bau mulut dan bau badan.

  •  Mengobati Keputihan

Di dalam daun kemangi terdapat kandungan antibiotik alami yang dapat membunuh kuman penyebab keputihan. Cara pemakaianya sangat mudah yaitu dengan cara memakan daun kemangi mentah-mentah dengan begitu anda akan merasa percaya diri di hadapan suami. Bahkan kemangi juga dapat digunakan untuk menjaga aroma bagian sensitif dari lelaki.

  •  Mengobati Batuk dan Pilek

Daun yang kerap dijadikan lalapan ini mengandung zat yang mampu menjauhkan bakteri penyebab batuk dan pilek. Caranya dengan meminum wedang kemangi saat hangat-hangat ketika musim pancaroba karena di musim-musim seperti ini banyak sekali bakteri jahat.Dan daun kemangi juga dapat menghangatkan tubuh.

  •  Menjaga Kesehatan Mata

Daun kemangi mengandung vitamin A, yang kita tahu sendiri  untuk menjaga kesehatan mata kita harus mengkonsumsi vitamin A dan kita dapat memperolehnnya dari daun kemangi. Meskipun kandungan vitamin A tidak sebanyak seperti wortel, tapi daun ini sangat mencukupi untuk menjaga kesehatan mata. Caranya sangat mudah dapat di konsumsi dalam bentuk minuman atau dimakan mentah dengan nasi.

  •  Sebagai Antiradang

Karena didalam daun kemangi ini terdapat zat cineole myrcene dan eugenol yang berfungsi sebagai antibiotik. Sehingga dengan mengkonsumsi daun kemangi dapat mencegah terjadinya peradangan di dalam tubuh.

  •   Melawan Menoupouse Dini

Didalam daun kemangi ini mengandung zat triptofan yang mampu menghambat menopouse dan dapat pila menghambat terbentuknya keriput pada kulit dan juga mengangkat sel kulit yang telah mati. Dengan begitu jika mengkonsumsi daun kemangi anda akan kelihatan lebih bugar, awet muda dan sehat.
  •  Menjaga Kesehatn Jantung
Karena di dalam daun ini memiliki kandungan betakaroten dan magnesium yang sangat tinggi. Tidaklah heran jika jantung anda akan tetap terjaga kesehatannya. Dan dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman hangat atau dalam bentuk daun kemangi.
  •  Meredakan Demam dan Masuk angin
Untuk anda yang memiliki balita yang menderita demam dan masuk angin. Daun kemangi dapat membantu mengatasi dan meredakan demam pada anak. Caranya cukup mudah ambil daun kemangi, kemudian remas dengan parutan bawng merah dan sedikit minyak kelap lalu oleskan pada perut, dada dan punggung balita.
  •  Melancarkan ASI
Untuk ibu yang sedang menyusui dan ingin memperlancar ASI tidak usah risau. Anda dapat memnfaatkan daun kemangi ini sebagai salah satu asupan gizi agar ASI anda tetap lancar selama menyusui. Anda dapat memanfatkan sebagai lalap teman makn nasi.
  •  Mengatasi Stroke           
Bagi pasien stroke dengan mengkonsumsi daun kemangi dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi ( artery ) karena kandungan isoflavon pada kemangi terdapat pada kacang-kacangan, kedelai, buncis, dan kacang polong.
Demikianlah beberapa ulasan tentang manfaat daun kemangi sebagai salah satu referensi obat herbal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba....!!!!
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 komentar:

Post a Comment

Social Icons

Followers