Saturday, March 29, 2014

Wortel ternyata bisa mencegah kanker prostat!

Leave a Comment
Wortel ternyata bisa mencegah kanker prostat!

Merdeka.com - Selama ini wortel dikaitkan dengan kesehatan mata. Padahal sebenarnya sayuran oranye ini memiliki manfaat lain yang sama hebatnya, yaitu mencegah kanker. Penelitian terbaru mengungkap bahwa wortel bisa bermanfaat untuk kesehatan pria, yaitu mencegah kanker prostat.

 











Peneliti menemukan bahwa mengonsumsi wortel secara teratur bisa menurunkan risiko kanker prostat hingga 18 persen. Pria yang mengonsumsi wortel setiap hari, setidaknya tiga kali seminggu memiliki risiko yang lebih kecil untuk terkena kanker prostat, seperti diterbitkan dalam European Journal of Nutrition.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Zhejiang University di China ini mengamati 10 penelitian kecil dari seluruh dunia untuk mengetahui efek wortel untuk mencegah kanker. Setelah penelitian ini menyatukan hasil dari masing-masing partisipan, mereka menemukan bahwa wortel memiliki efek signifikan untuk mencegah munculnya tumor dan kanker prostat.

Meski begitu, belum jelas bagaimana wortel bisa memberikan efek protektif terhadap prostat pria. Namun peneliti memperkirakan hal ini dipengaruhi oleh adanya karotenoid pada warna oranye wortel yang diketahui bisa mencegah kanker, seperti dilansir oleh Daily Mail (26/03).

Karotenoid, seperti halnya beta-karoten dan lycopene, sejak lama diketahui bisa menjadi senjata untuk mencegah kanker dengan melindungi sel dari kerusakan. Meski begitu peneliti berencana melakukan penelitian lebih lanjut untuk menguatkan hasil penelitian ini sekaligus mencari alasan mengapa wortel bisa mencegah kanker prostat.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 komentar:

Post a Comment

Social Icons

Followers