Friday, March 7, 2014

Beberapa Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan

Leave a Comment
Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan - Sibuk dengan aktifitas sehari-hari membuat anda jarang berolahraga? mungkin tidak hanya anda saja yang sering mengabaikan hal ini, karena banyak orang yang menyepelekan pentingnya olahraga.
Padahal olahraga adalah salah satu kegiatan yang seharusnya rutin dilakukan, agar tubuh jauh dari penyakit, ataupun hal-hal negatif lainnya. Olahraga tak hanya baik untuk fisik, namun juga untuk psikis.
Anda pasti pernah mendengar istilah “Mensana in corporesano” yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Istilah itu bukan sekedar ucapan belaka, memang benar adanya jika anda memiliki tubuh yang sehat anda pasti memiliki jiwa yang lebih tenang dan fikiran yang lebih fokus karena tak ada masalah di dalam tubuh.
Coba bandingkan dengan orang yang jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, pasti tubuhnya sering lemas, terlihat tidak fresh, dan cepat stress. Bagaimana anda bisa mendapatkan hari yang menyenangkan jika jiwa dan raga anda tidak sehat? Mari kita ulas sepenting apakah olahraga untuk kesehatan tubuh kita!

Manfaat olahraga untuk kesehatan 

Beberapa Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan

1. Membuat Kulit Lebih Sehat
Kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh yang harus dijaga kesehatan dan kelembabannya. Sebab jika tidak dirawat dengan baik kulit anda akan terlihat kusam, kering, dan bahkan bisa terserang penyakit. Salah satu cara menjaga kesehatan kulit adalah dengan olahraga.
Kulit membutuhkan nutrisi agar tetap sehat dan terjaga kekencangan serta kelembabannya, olahraga akan meningkatkan denyut jantung sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah. Dengan begitu nutrisi akan tersalurkan dengan baik ke sel-sel kulit.
Selain itu olahraga bisa mengurangi jerawat yang ada pada wajah dan tubuh anda. Jerawat biasanya timbul dikarnakan faktor eksternal dan internal. Salah satu faktor internal yang bisa memicu tumbuhnya jerawat adalah stress.
Dengan berolahraga tubuh akan menjadi lebih rileks dan terhindar dari stress karena olahraga dapat meningkatkan produksi Endorfin. Apa itu Endorfin? Endorfin adalah senyawa kimia yang terdapat di dalam otak yang berfungsi untuk rileksasi.
 2. Menjaga Kesehatan Jantung
Penyakit jantung adalah penyakit paling mematikan nomor 1 di dunia, maka dari itu wajib hukumnya menjaga kesehatan jantung. Olahraga adalah cara meminimalkan resiko terkena serangan jantung, tapi ingat lakukan ini dengan rutin untuk melatih jantung agar tidak cepat lelah.
Pada kasus lain, tubuh yang terlalu gemuk mungkin membuat anda berfikiran untuk melakukan diet. Tubuh yang beratnya melebihi dari standar berat badan ideal memang tidak baik untuk kesehatan jantung. Untuk mengurangi berat badan maka harus mengurangi bobot lemak yang ada di dalam tubuh.
Olahraga membuat kadar lemak di dalam tubuh berkurang, jelas ini sangat baik untuk jantung anda karena seperti yang kita ketahui bahwa lemak yang berlebihan akan memicu timbulnya penyakit jantung.
Dengan Berolahraga sirkulasi darah pasti akan lebih lancar dan ini akan membuat aliran darah menjadi lebih banyak dan cepat. Hal ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah yang dapat membuat pembuluh darah pada jantung atau otak tersumbat.
3. Baik Untuk Tulang Dan Sendi
Anda pasti pernah mendengar istilah Osteoporosis, yaitu kerapuhan yang dialami tulang. Orang yang aktif melakukan olahraga memiliki tulang yang lebih padat dan kuat dibanding yang jarang berolahraga, itu mengapa olahraga sangat baik untuk mencegah Osteoporosis.
Agar tidak mengalami kerapuhan pada tulang, anda harus mencegahnya sejak dini atau anda akan menyesal di masa tua nanti. Jarang berolahraga juga membuat sendi menjadi kaku dan lemah. Hal ini dikarnakan melemahnya otot dan tendon. Jika keduanya melemah, maka akan mengganggu pergerakan sendi.
4. Dapat Meningkatkan Konsentrasi
Lancarnya sirkulasi darah ke otak yang disebabkan oleh olahraga berdampak pada kinerja otak dan tingkat konsentrasi. Anda akan memiliki konsentrasi yang baik jika anda mencoba untuk rutin berolahraga. Jika tingkat konsentrasi anda tinggi pastinya ini akan memudahkan anda dalam mengerjakan segala sesuatu.
Dari ulasan tersebut dapat kita simpulkan bahwa banyak sekali manfaat dari olahraga. Semoga dari Beberapa Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan yang telah dijabarkan di atas dapat menggugah anda untuk rajin berolahraga agar hidup anda menjadi lebih sehat, bugar, dan menyenangkan.
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 komentar:

Post a Comment

Social Icons

Followers