Friday, September 5, 2014

Tips Mengecilkan Size Dokumen Pdf

Leave a Comment
Pada suatu hari istri kebingungan mendapat tugas untuk meng-upload ijazah-ijazah dan surat-surat kerjanya yg berbentuk pdf ke sebuah situs. Nah masalahnya ukuran file pdf istri relatif besar (1 sampai 5 MB), sedangkan limit upload di web tersebut sangat terbatas. Sebagai suami saya harus pasang badan dong? biar kelihatan keren juga di mata istri tersayang…hehehe. Pencarian pun dimulai, awalnya saya berpikir simple untuk mencari sebuah program install ataupun portable yang bisa mengecilkan file-file pdf. Sampai saya menemukan ini:
PDF COMPRESSOR
joni_prayoga_compresspdfprogram copy
Sebenarnya program ini simpel banget, karena dia portabel (tanpa perlu install) dan mudah di download karena ukurannya kecil. bisa di download DISINI
Cara penggunaannya pun sangat mudah :
  1. Jalankan Free PDF Compressor.
  2. Pilih dan arahkan file PDF yang akan dikompres dengan cara menekan tombol Load
  3. Pilih algoritma dan level kompresi sesuai dengan keinginan.
  4. Tekan Compress untuk melakukan kompresi. Pilih nama baru atau folder lain jika tidak ingin menimpa/mengganti file PDF asli.
  5. Setelah kompresi selesai dilakukan, Free PDF Compressor akan menampilkan ukuran file setelah dikompres
Namun kendala yang saya temui adalah program ini memang bisa mengecilkan, tapi tidak berpengaruh terlalu signifikan terhadap ukuran file baru. Dengan kata lain ukuran file yang dikecilkan tidak jauh beda dengan file asli. Setelah itu saya tidak mendapatkan lagi program untuk mengecilkan file pdf selain PDF COMPRESSOR (Siapa tahu kawan-kawan ada yang tahu, mohon sharing-nya :) )
Setelah gagal dengan program PDF COMPRESOR tersebut, akhirnya saya lanjut googling lagi. Dan ternyata diluar perkiraan saya, cara mengecilkan file pdf adalah bukan dengan program tapi bisa dilakukan secara online. Tapi harus dipastikan kecepatan internet kita memadai. Kenapa harus memadai? karena secara umum sistem mereka sama : File pdf kita di-upload , dilakukan proses re-size, setelah itu kita wajib mendownload kembali file pdf yang sudah kecil ukurannya. Berikut ada 3 (tiga) web penyedia jasa Compress File PDF yang saya temukan (Kalo ada yang lain, mohon sharingnya yes…?):
1. NEEVIA
joni_prayoga_neevia copy
Web Neevia ini punya keunggulan, karena kita disajikan pilihan tipe compressed sesuai dengan yang kita inginkan, dari: Low Compression, High Image Quality (Tingkat kompres filenya kecil, tapi kualitas gambarnya bagus) sampai Maximum Compression, Very Low Image Quality (Tingkat kompresinya paling maksimal sehingga berdampak kepada kualitas gambar yang sangat rendah). Hasilnya lumayan efektif, file ukuran 2 MB menjadi seratusan KB. Gak percaya? Silahkan dicoba ;)
Ini alamat Web-nya : http://convert.neevia.com/pdfcompress/
2. SMALLPDF
joni_prayoga_smallpdf copy
Sebenarnya web ini cukup kondang, karena teman-teman istri saya rekomendasikannya. Tapi setelah dicoba rata-rata file hanya dikecilkan 35% – 47%. Saya juga gak tahu kenapa hehe :)
Berikut link web nya: http://compress.smallpdf.com/
3. COMPRESS-PDF
joni_prayoga_compresspdf
Kalau web ini hampir mirip seperti Small Pdf (tidak ada tingkatan kompresi yang kita inginkan), tapi bedanya disini tidak dicantumkan berapa persen file kita di kompresi? Setelah saya coba, tingkat kompresinya bagus, file ukurannya menjadi relatif kecil.
Ini link webnya : http://www.compress-pdf.co.uk/
Yup itu dia yang bisa saya sharing tentang Cara Mengecilkan Size Dokumen PDF via online, mohon maaf bila ada kesalahan dan wajib sharing bila ada ilmu yang lain dari kawan-kawan. Oya, terakhir Tips berdasarkan pengalaman saya, bila saat anda melakukan kompresi file pdf dengan salah satu web diatas dan ternyata masih terasa kurang kecil, boleh mencoba second opinion dengan web lainnya. Terkadang web yang pernah memberikan hasil kompresi bagus akan sama bagusnya pada file lainnya. Entahlah, mungkin mengikuti mood mereka…hehe :D
Sumber : 
http://lovenroll.wordpress.com/2013/12/19/tips-mengecilkan-size-dokumen-pdf-compress-pdf-file-via-online/
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

0 komentar:

Post a Comment

Social Icons

Followers